Tips Merawat Aki Sepeda Motor Injeksi Agar Irit

Posted by Mahesa Putra on Tuesday, May 8, 2012
Ini ada beberapa Tips Merawat Aki Sepeda Motor Injeksi Agar Irit, mungkin terdapat sebagian orang yang masih tanda tanya tentang bagaimana kalau aki di motor injeksi tiba-tiba boros? Mogok dong! Cape deh harus dorong motor di jalan. Atau bagi pengguna motor yang tidak tahu cara merawat aki akan selalu cemas. Selalu ketakutan kalau aki terus-terusan boros.

Salah satu penyebab borosnya aki pada sistem sepeda motor injeksi adalah karena sistem injeksi harus didukung aki untuk menghidupi sensor-sensor.

Apa benar kekhawatiran aki yang boros bisa membuat kinerja sistem injeksi jadi tidak sempurna. Malah membuatnya hidup jadi enggak tenang????
Battery atau aki di motor, tak hanya berfungsi sebagai suplai power ke peranti kelistrikan. Terutama di sepeda motor injeksi. “Tenaga penggerak ECU adalah arus DC dari aki,” ungkap Muhammad Abidin, Manajer Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor MFG (YIMM).

ECU (Electronic Control Unit) atau ECM (Elektronic Control Module), otak dari kinerja engine dan sistem injeksi. So, part ini butuh performa aki sempurna.

Sebenarnya, suplai arus yang dibutuhkan ECU atau ECM tidak terlalu besar. Menurut Abidin, hanya dibutuhkan tegangan sebesar 5 volt saja buat aktifkan kinerja part itu.

Maka dari itu, di beberapa varian injeksi terdapat kapasitor bank. Misalnya, di Yamaha V-ixion. Part ini berfungsi untuk menyimpan arus listrik. Sehingga ketika suplai listrik dari aki soak, kebutuhan suplai ke ECU bisa diberikan kapasitor bank atawa kondensor.

Tapi, tak ada salahnya buat menjaga aki tetap sempurna. “Sebaiknya, kualitas aki tetap terjaga.
Apalagi, varian injeksi selalu mengaplikasi kelistrikan tipe DC (Direct Current) atau searah. Karena sistem injeksi butuh arus yang stabil. Hal itu bisa diberikan pengapian DC.
Jika mengandalkan tipe AC yang punya arus bolak-balik, kinerja akan tergantung dari putaran mesin. Jadi, tidak sepenuhnya arus bisa stabil.

Kebutuhan aki di sistem injeksi juga bisa diketahui ketika kunci kontak diputar ke posisi ON. Sistem akan mendiagnosa keseluruhan sensor juga fuel pump. Makanyam terkadang timbul bunyi dengung yang menandakan part itu bekerja.

Demikian pembahasan mengenai Tips Merawat Aki Sepeda Motor Injeksi Agar Irit kali ini, semoga mendatangkan manfaat bagi kita semua dan jika tertarik dengan artikel sebelumnya silakan ditengok yang satu ini: Tips Merawat Ban Sepeda Motor Agar Tetap Awet dan Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda.

{ 0 comments... read them below if any or add comment }