Cara Menerapkan HTML 5 di Template Blogspot

Posted by Unknown on Tuesday, May 8, 2012
HTML 5 merupakan versi html terbaru dan masih dalam perkembangan, namun sudah banyak webmaster yang mulai menerapkan HTML 5. Saya sendiri masih belum banyak tahu tentang apa dan buat apa sebenarnya html 5 itu.

Sepengetahuan saya html 5 adalah versi terbaru dari versi-versi html sebelumnya, dan pada html 5 ini memiliki kode-kode yang sedikit berbeda dari kode html sebelumnya namun masih bisa terintegrasi satu sama lain.

Apa keuntungan menerapkan HTML 5 di template blogspot?

Salah satu keuntungan dari menggunakan atau menerapkan html 5 pada atau di template blogspot adalah bahwa blogspot berbasis html 5 dapat lolos validasi di validator.w3.org sebagai valid html 5, contohnya dapat anda buktikan dengan mengecek validasi template blogspot saya ini dan lihat hasilnya apakah valid atau tidak?

Untuk membuat valid html 5 pada blogspot tidak akan saya bahas disini, tapi pada artikel selanjutnya nanti dan sekarang adalah mengenai cara penerapannya saja, yaitu Cara Menerapkan HTML 5 di Template Blogspot.

Pada postingan sebelumnya saya pernah membahas tentang Cara membuat Valid XHTML Blogger Template dan Membuat Template Blogspot Valid XHTML - Update. Dari tutorial artikel sebelumnya coba anda perhatikan kode berikut ini:

<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd">
 
atau yang ini:

<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">

Sekarang lihat template blogspot Anda apakah ada kode seperti kode-kode tersebut, jika ada maka tahap untuk menerapkan html 5 di template blogspot anda adalah dengan cara mengubah kode-kode berwarna merah diatas dengan kode berwarana biru seperti berikut ini:

<!DOCTYPE html><html lang='en'>
<head>
<meta charset='utf-8'/>

Nah tinggal di save dah templatenya. Ini baru tahap awal penerapannya saja, untuk tahap advancenya nanti akan saya lanjutkan di artikel lanjutan.

{ 2 comments... read them below if any or add comment }

arya said...

gan.. ane ktemu error satu neh, bantuin donk gan,ane baru buat blog baru trus ane rubah ke html5 biar valid tp ketemu satu error, errornya ada di http://www.blogger.com/dyn-css/authorization.css?targetBlogID=3712363281138657926&zx=76f92a6f-41b0-4c1b-8327-58d1c0f27324

sedangkan di blog agan cmn ada kode ini aja http://www.blogger.com/static/v1/widgets/1937454905-widget_css_bundle.css , ga ada kode yg seperti diatas.

Unknown said...

@arya: oh kalo itu otomatis dari blogger sob, dan bisa diatasi dengan cara manual. Nanti kalo udah sempet saya bahas caranya